Sajama Cut – Sang Antitesis Indie Rock

Thursday Noise Vol 11

saja_cut

Akhirnya kami berhasil mengundang Sajama Cut untuk main di Thursday Noise. Berkali-kali mencoba mengundang mereka, tetapi selalu tidak pernah bersambut jadwal. Saat ini bertepatan dengan dirilis ulangnya dua album awal mereka (Apologia dan The Osaka Journals) akhirnya Sajama Cut berhasil kita bawa ke Thursday Noise Vol 11. 6 April 2017 di Lost & Found Kemang.

Sajama Cut adalah band yang unik. Mereka memulai debutnya sebagai band yang total berbahasa Indonesia di album Apoligia (2001).  Lalu di rilisan berikutnya mereka justru mengurangi bahasa Indonesia hingga satu judul. Bahkan di album terakhirnya Hobgoblin (2015) mereka benar-benar meninggalkan bahasa Indonesia. Hal ini berbanding terbalik dari kebiasaan band Indonesia lain. Marcel sebagai penulis lagu memperlakukan bahasa selayaknya instrumen dan eleman artistik. Dia akan pasang cabut sekena hati dan seleranya.

Sajama Juga termasuk band yang selalu memiliki kejutan di setiap rilisannya. Mereka hadir sebagai band bernuansa Industrial di tahun 2001. Menurut Marcel saat itu dia sedang nonstop mendengarkan Norwegian Black Metal. Lirik lagu di album inipun terdengar gelap. Marcel menyebut album perdana mereka adalah terjemahan Black Metal versi Sajama Cut.

Di album kedua The Osaka Journals (2015), Sajama merubah musiknya 180 derajat menjadi Indie Rock. Suara khas Marcel tee mulai terdengar di album ini. Musiknya melembut. Namun liriknya semakin dalam. Dari album ini musik Sajama Cut mulai diterima luas. Tapi jangan harap Sajama Cut akan mengulang kesuksesan racikan album ini di album berikutnya. Setiap ada rilisan baru Sajama, pasti berisi refleksi antitesis dari album sebelumnya. Begitu menurut penuturan Marcel Tee.

Yang menarik selama persiapan Thursday Noise Vol 11, Sajama Cut mengajukan beberpa perangkat visual untuk mendukung penampilan mereka. Nampak mereka mempersiapkan penampilan khusus untuk tanggal Thursday Noise nanti. Marcel Pun sempat membocorkan setlisnya pada kami. Penuh hits yang akan memancing koor di Thursday Noise. Dan yang pasti ada dua lagu dari Apologia yang akan di bawakan. Salah satunya Pecah/Belah. Lagu yang belum pernah mereka bawakan sama sekali di atas panggung.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s