Andy Warhol 15 Minutes Eternal

Menyaksikan 400 karya Warhol di Tokyo

warhol1-mori-katalog-jimi-multhazam

Menyaksikan 400 karya Andy Warhol di perayaan 10 tahun MORI Art Museum, Tokyo adalah sebuah kesempatan langka yg gak akan gue lupakan dalam hidup gue. Dalam rangka 10 tahun MORI Art Museum mereka mereka bekerja sama dengan The Andy Warhol Museum mengadakan Andy Warhol 15 Minutes Eternal. Dan lokasi pameran ini berdekatan dengan display karya seniman-seniman Indonesia yang berpartisipasi di Roppongi Art Night. Wuww double pleasures.

warhol2-at-selebrity-brillo

Sayangnya di dalam gallery kita tidak di perkenankan untuk memotret. Jadi gue cuma bisa cerita untuk melihat karya-karya Andy Warhol kita musti rela antri dengan pengunjung lain. Belum pernah kejadian di hidup gue orang-orang dengan antusias tinggi berkerumun di depan satu artwork ke artwork lainnya. Keren!

warhol3-cambels-moonwalk-flower

Yang bisa di garis bawahi pameran ini menampilkan proses Andy Warhol dari awal. Dari drawing-drawing dia yang belum sedap di lihat. Drawing Warhol ketika menjadi illustrator Top Fashion Magazine di tahun 50an. Dan proses drawing Campbell’s Soup sampai menjadi silk screen legendaris Campbell’s Soup.

Lalu di tembok berikutnya kita bisa menyaksikan ledakan-ledakan karya grafis Warhol dalam ukuran Besar. Yoa, kita di tuntun ke dalam era 60an Andy Warhol.

warhol4-video-collaboration-factory-capsules-jimi-multhazam

Yang paling seru adalah gue bisa menyaksikan video eksperimen Warhol, yang merespon Velvet Underground ketika Jaming di Factory. Dan dibelakang video itu adalah sebuah replika studio yang bernama The Factory tersebut, lengkap dengan alumunium foil yang membungkus seluruh ruangannya. Lengkap dengan wc dan telephone umum yg berada di dalamnya. Dan pastinya Patung box Brillo yg legendarisūüôā

Setelah era The Factory kita di tuntun ke era Business Art. Pertengahan 70an ke 80an. Potret besar Mao Tse Tung , Jackie Mick Jagger, Michael jackson, Muhammad Ali. Dan yang mengejutkan adalah beberapa karya kolaborasi dengan Basquiatpun ada.  Gokills! bahkan di ruangan lain kita bisa menyaksikan film eksperimental besutan Warhol. Benar-benar terror visual.

Yang bikin kejutannya makin nampol adalah gue sama sekali gak tau ada pameran ini di Roppongi. Gue cuma di tugaskan Sampoerna untuk mengawal seniman-seniman Indonesia yg berpartisipasi di Roppongi Art Night. Ketika gue sampai Henry bercerita tentang pameran ini. Gue menduga hanya ada 4 atau 5 karya Warhol saja. Tapi ternyata ada 400 cing! Lengkap dengan karya photo, film, dan karya-karya yg belum pernah gue lihat sebelumnya. Dan jangan ketinggalan Time Capsule semacam kumpulan benda-benda pribadi Andy Warhol yg di display dalam sebuah ruangan.

warhol5-self-portrait-jimi-multhazam

Lawatan gue ke Roppongi Art Night, Tokyo, Jepang adalah atas prakarsa goaheadpeople.com . Buat lo yang sedang mendalami seni rupa, entah itu visual art, photography bahkan style, sebaiknya segera submit karya lo ke goaheadpeople.com¬†. Karena ada ajang Goaheadchallange¬†yang akan memilih karya terbaik dan akan menerbangkan pemenangnya ke Prancis. Sikat my friend! Kesempatan baik ikiūüėÄ

In The Future, everyone will be world famous for 15 minutes
Andy Warhol

baca juga:
Hari Pertama Di Jepang (Mengunjungi MOT)
Hari ke dua di Jepang (Pembukaan Roppongi)
Hal yg terlintas di kepala ketika menyebut Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s