The Upstairs dalam CD Kompilasi Tribute to KLA Project

Kompilasi ini terdiri dari 10 lagu. The Upstairs di percayakan untuk mengintepretasikan lagu Kla Project berjudul Lantai Dansa. Karena lagu ini aslinya sudah cukup New Wave, maka gue pun spontan untuk menggarap di luar kebiasaan The Upstairs. Dengan mengambil sedikit beat Jungle. Gitar Funk (yang di mainkan anak Punk). Dan permainan bass ala Drum n Bass. Bahkan gue nekat sedikit berRappin di bagian verse. Terimakasih buat Lilo yang membebaskan gue bikin additional lirik. Akhirnya The Upstairs menjadi satu-satunya band yang tampil dengan lirik tambahan.

Selain The Upstairs Maliq & D’Essentials juga tampil memukau di lagu lagu Prasangka. Lagu ini patut di simak. Kalo soal penggarapan musik Maliq gak pernah tanggung-tanggung. Selain Maliq, Ran juga tampil cukup oke dengan hits pertama Kla. Tentang Kita. Seharusnya Boyband-boyband sekarang belajar dari Ran bagaimana bernyanyi yang elok di dengar.

Sisanya lagu-lagu Kla di terjemahkan lebih melankolis dari aslinya. Tapi solois bernama Babas membawakan lagu Sudi Turun Ke Bumi dalam bungkusan Modern Rock. Album ini tersedia hanya di Indomaret. Waaah suatu kerjasama yang unik. Di bandrol cuma 30 000 perak. Cukup layak di koleksi.

Awal mula ceritanya sekitar setahun (atau dua tahun) silam gue berkenalan dengan Lilo Kla. Doi bercerita tentang idenya membuat kompilasi Tribute To KLA Project. Gue lupa tepatnya di mana. Sepertinya di launching album Kadri Jimo and the Prinze. Rollingstone Indonesia. Lilo menawarkan gue untuk meremake lagu Kla berjudul Lantai Dansa. Wah menarik sekali. Kebetulan 2 album pertama Kla cukup gue dengarkan. Namun obrolan kita seperti menguap ke angkasa. Sampai gue pun lupa wacana tersebut.

Hingga tiba-tiba pada bulan puasa tahun 2011, Lilo kembali menghubungi gue. Dan gilanya proyek ini musti bisa kelar dalam waktu sebulan! Hahahaha. Hajar bleh. Kebetulan gue sudah familiar dengan lagunya. Masalahnya tak satupun anak The Upstairs yang akrab dengan lagu Kla. Sebagian besar anak-anak The Upstairs hanya tau single Jogjakarta. Untungnya ketika gue datangi toko CD, ternyata KLa mengeluarkan album The Best dalam format CD. Langsung gue share ke anak-anak. Reaksi pertama tentunya dari Krishna (keyboardist), gile ternyata lagu Indonesia jamdul ada yang seperti ini yha. Seperti gue tulis di atas. Basic ide lagu ini mengadopsi beat Jungle. Dan Kubil menghajarnya dengan gitar Funk ala anak Punk. Kalo Krishna jangan di tanya. Dia yang mengemas Jungle jadi Ruang Angkasa.

Versi pertama lirik The Upstairs di kompilasi ini di nilai cukup eksplisit bagi Lilo. Karena menurut Lilo konsep Kla bukanlah band dengan kritik sosial. Akhirnya gue merubah lirik pertama dalam itungan 2 jam. lalu retake kembali. Album ini di garap di studio 58 Depok. Dengan engineer Wahyu Hw. Ketika bulan puasa. lalu mixing di kerjakan DJ Soemantri dan Lilo. Hasilnya cukup memuaskan. Senang bisa terlibat dalam kompilasi band lawas sekelas KLA Project.

Mantaff


Booking Contact: 0815 89 86 915
Morfem CD, buy online at demajors.com
Official Blog: http://morfemband.wordpress.com/
Twitter: @morfem_band
Morfem Use:
Radix Guitars
Crooz Apparel
Morfem 2nd album recorded at: ALMOS  a small recording studio at jl. kalibata timur I no 30 jakarta. Follow: @Almosstudio

MORFEM DATANG SEMUA SENANG

7 responses to “The Upstairs dalam CD Kompilasi Tribute to KLA Project

  1. Ketika kemasan cd,sudah sampai pada indomaret….berarti makin banyak orang yg bisa menjangkau album ini…..suatu kemajuan…!!akan betapa mudahnya,para penikmat musik mendapatkan kemasan musisi idola-nya..Maju terus musik indonesia…Mengingkatkan saya akan mimpi,seorang kawan…”kelak,akan saya jual cd asli musisi indonesia,diwarung2 rokok emperan dengan harga sebungkus rokok!!!!”

  2. abis gajian mampir ke indomart, ngeliat nih album langsung gw bokul.
    sumpah, nice banget aransemennya + tambahan liriknya.

  3. keren bgt lagunya i like lantai dansa

  4. kuping gw lebih masuk sama lantai dansa garapan lo daripada versi aslinya, jenius lo jim! ga puas kalo cuma sekali denger

  5. gw generasi lair 90 an, fans berat kla project juga the upstairs. Gw seneng waktu ada tribute to kla project, tambah seneng waktu tau upstairs juga nge cover. ajaib aja, karena dasarnya kalian beda banget, haha

  6. Perfect ten!!! Gw suka yg asli, yg tributenya juga mantap!!! Tambahan liriknya juga passsss!!! Puass bangett!!

  7. KLa Project konsepnya bukan kritik sosial? Padahal satu-dua ada lah ya lagu yang mengarah ke sana😀 jadi penasaran seperti apa lirik yang dibikin sebelum diubah….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s