Grunge? Besok Bubar!!

Besok Bubar, nama band yang selalu menggelitik gue setiap ada gigs. Sampai tulisan ini di bikin pun gue belum pernah nonton mereka manggung. Gue sempat berfikir mereka hanya band iseng, yang membubarkan diri setelah manggung. Tapi kok namanya hadir terus di setiap acara. Dan konon sudah memiliki penonton sendiri. Wedeh makin penasaran gue. Dan rasa penasaran gue semakin memuncak, ketika melihat CD mereka di Monka, Kemang. Karena gue kehabisan kompilasi legendaris Those Shockin Shakin Momment, akhirnya gue memutuskan membeli CD mereka. Dengan satu alasan. Covernya Keren!!!!

Sampai di rumah gak sabar gue buka plastik pembungkus Cd dan Anjiiiing…..artworknya memang kelas wahid. Ternyata slevenya berbentuk panjang. Satu sisi menggambarkan suasana kota yang indah, damai sentosa. Sisi sebaliknya suasana yang sama dengan gambaran yang mengerikan. Sleeve panjang tadi di lipat 5, lipatan terakhir di jadikan cover depan. Impresi pertama yang menyenangkan. Gue sampe lupa memasukkan CD ke player. Setelah selesai terpesona, langsung gue puter tuh CD. Yoa, track pertama langsung jadi favorit gue. Di gas poll dengan lagu yang keras. Berjudul Besok Kita mati. Dari sleeve cover ini akhirnya gue berhasil mengkontak Amar. Vokalis, gitaris dan pencipta hampir semua lagu Besok Bubar. Dan ternyata mereka sudah ada sejak tahun 2005.

Dari Obrolan gue bersama Amar di dunia maya akhirnya gue tau kalo ternyata album ini adalah album kedua mereka.
Amar: “awalnya album kedua ini mau kita beri judul ‘Jakarta’ dan judul album itu ditumpahkan ke artwork yaitu satu sisi keadaan kota Jakarta yg indah, bersih, damai, yg semua orang idam-idamkan. Di satu sisi yaitu keadaan kota yg sebenarnya, brantakan, pembunuhan, bunuh diri,chaos, polusi dll. Dan karna hasil akhir artworknya kita suka bgt, kyknya sayang kalo artworknya ‘dikotori’ oleh judul album ‘Jakarta’, akhirnya ga usah pake judul album sajalah. Heheheh..”

Suatu alasan penamaan album yang cukup nyeleneh hahah. Sukses buat Dwarvo dari komunitas Pearl Jam Indonesia yang telah membuat cover ini fenomenal.

Sebenernya gue males menayakan kenapa di namakan Besok Bubar (pertanyaan paling membosankan bagi semua band) Tapi karena penasaran, gue tanya juga. Dan Amar menjawab dengan selebornya: “gue keceplosan nyebut ‘Besok Bubar’ saat itu mendaftarkan band kita di gigs komunitas Grunge,karna gw pikir bakal bubar lagi nih band. Hehehe

Apakah musik mereka Grunge? Amar tidak menyangkal: Musik kita Grunge! Karna kita menganggap grunge itu ga da batasan dan bebas! Jujur aja kita ini bukan orang-orang yg hebat memainkan instrumen. Kita cuma ingin main musik dgn skill pas-pasan. Dan grunge-lah yg membuat kami pede. Kita bisa maen sekencang nirvana, atau se-dark alice in chains, atau se-rumit soundgarden, ataauu se-heavy TAD, heheh..tp yg kita mainkan skrg, ya grunge ala besok bubar.😀

Yoa setelah dua track kenceng di awal, mereka memainkan nuansa yang berbeda di track lain. Tema penulisan liriknya pun cukup menarik. Mengangkat realitas persaingan di Jakarta. Ambisi mengeksploitasi bumi, sampai tema kegep nge Gele, dan yang ngegep akhirnya jadi pengedar. Lirik yang marah sekaligus apatis.

Album Besok Bubar keluaran Paviliun records ini memang paling pas buat penggemar Grunge dan Alternative 90an. Tapi gak menutup kemungkinan juga buat pendengar Metal. Karena sound mereka cukup berat di beberapa track. Kekurangan album ini cuma di back sleeve CDnya. Gue sampe bela-belain memotong sedikit sisi kiri kanannya, agar muat di trey CD. Dan melipat ulang, biar gak bergelombang seperti pertama gue dapat di toko CD.

Layak untuk di koleksi🙂


Booking Contact/CD direct Selling:
0858 11 764 764
Twitter: @morfem_band
Official Blog: http://morfemband.wordpress.com/
Morfem Use:
Radix Guitars
Crooz Apparel
MORFEM DATANG SEMUA SENANG

10 responses to “Grunge? Besok Bubar!!

  1. setuju…sleevenya seperti bubble gum yang minta dikunyah..selalu suka cara menulis anda jim..

  2. Wow……
    Analis banget…
    Kaya buat artikel U/ ulasan Album “mereka”
    meyakinkan banget pembaca U/ ikut nyoba mendangarkan

    MENARIK ! [tulisannya]

  3. nice nice nice!! seru dan dramatis hehe jadi komentator tamu dong jim, di blog kami🙂 dari koleksi lo.

    • Thank you friend, boleh boleh🙂
      Gue juga pengen tuh ngebahas World Party

      • wow, silahkan jim😀 kirim aja ke email gue yah artikelnya, foto dari cd World Party, dan kalau bisa rip mp3nya kualitas 192kb plus linknya yah hehe kalo ribet nge rip, yasud, ntar dicari deh link di filestube haha btw, thankies!

  4. Artikel yg asyik untuk di baca…
    ane adalah penggila BESOK BUBAR, malahan udah ngikutin dari album Cuci Otak (2009) di album ke 2 ini mereka lebih mengembangkan lagi sound,lyric,hingga musik nya dan hasilnya yaaa… album ke 2 ini yg sangat ciamik klo di dengerin sambil ngopi di pagi hari.. hehee…

  5. BESOK MATI ternyata memang renyah, file yang bisa didownload di internet ga jelas dari mana aja albumnya. waks. beneran nih albumnya harus cepet2 di koleksi \m/

  6. Album yg menyenangkan.art work dan isi albumnya benar2 padu sepaket.ulasannya yahud om jimz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s