Morfem Gigs: Mom’s Day Asian Tour. IKJ

Street Gigs dengan Spirit Malu-malu kucing!!


Mom’s Day sebuah band Melodic Punk Jerman mengadakan lawatan keduanya di Jakarta. Tanggal 11 Februari mereka pentas di IKJ. Gue di kontak Bam Sickos untuk menjadi opening act. Hajar lah. IKJ hmmmmm… Weits almamater gue nih. Biasanya kalo acara di sini suasananya gila-gilaan nih. Terbayang gerakan-gerakan moshing absurd yg belum pernah kita lihat di video manapun, belaga main surfing di konbloklah, celetukan berbau kesenimananlah, sampai anak teater yang selalu request Rolling Stone kepada band manapun yang main. Mantaff. Bam mengkonfirmasi kalau Morfem main jam 22:00 wib, acara di mulai jam 19:00 wib. Deal. Bram baru kelar shootingan, Freddie pulang gawe. Gue selesai siaran. Aman. Dan…tibalah hari yang di nanti…..

Gue sampe duluan di IKJ. Jam 20:30 wib gue lihat di Arloji. Lho kok Mom’s Day masih sound check? Boker salah satu penggagas acara bilang: “Acaranya blom mulai bang, molor!” Jger!!! Panjang juga molornya yha. Mana gue perhatikan sekeliling sepi banget. 

Penonton baru segelintir. Gile juga nih. Di era kemajuan teknologi komunikasi abad ini. Acara gratis bisa sepi. Ada yang salah sama panitia nih. Atau mungkin nanti anak kampusnya rame.

Tapi terperangah juga gue, ada anak kecil udah pake Tshirt Mom’s Day. Apakah Mom’s Day sudah sebesar itu, sampai anak-anak kecil di Jakarta ada yang make Tshirtnya he he

Tapi kawan gue ini Tshirtnya cukup menarik perhatian gue, photo dulu ah

Karena gak banyak yang gue kenal lagi di kampus. Dan ambiencenya membuat gue kikuk, akhirnya gue berkenalan dengan Benny. Vokalis Mom’s Day. Lalu datang mendekati gue Yam (semoga tulisannya bener) Drummer Mom’s day. yang doyan sekali mengunyah Tempe goreng gosong haha. Benny, bertanya pada gue “apakah acara di Jakarta selalu sepi begini?” Lalu gue jawab: “Ah nggak, semakin larut akan semakin ramai”. Jangan sampe malu-maluin negara  jawaban gue nih. he he he. Obrolan kita ngalor ngidul dari influence. 10 tahun karir Mom’s Day. Sampe cerita tentang band-band Jerman yang sempat kemari seperti Not Available dan Kreator.

Malam ini suasana hati gue seperti lagunya Andy Tielman “Stranger in My Land”. Mendingan gue kenalan sama stranger sekalian. Itu lebih baik.

Sekitar jam 22:00 band pertama main. A.N.S. namanya mengingatkan gue akan bis Padang Jakarta pp yang ngetop tahun 80an. Covering Nirvana. Sayangnya mereka sangat terinfluence “keblepotan” Nirvana di panggung. Sering nonton DVD Nirvana sebagai referensi nampaknya . Vokalis dan bassistnya sekilas sudah nampak  seperti Cobain dan Novoselic Kw 4. Marcus (Bassist Mom’s Day) duduk paling depan. Waduh jangan sampe malu-maluin negara nih😀

Akhirnya A.N.S. turun juga. Lho-lho kok Mom’s Daynya bersiap-siap di panggung? Morfemkan di undang sebagai opening act. Sepertinya Mom’s Day  belum terbiasa dengan budaya jam karet kita. Waduh mulai Absurd nih acara.

Mom’s Day bermain abis abisan. Tapi penonton adem ayem.

Coba tengok ke kanan…..selow aja

Tengok ke kiri, gak ada perubahan…

Akhirnya gue membisikkan anak-anak Morfem. Lagu pertama kita cover Black Flag/Wasted di medley The Vaselines/Son Of A Gun. Gue Yakin “sesuatu” akan terjadi nanti😀

Band ketiga, Separator. Kali ini agak Metal. Penonton masih belum bergeming juga. Celetukan-celetukan udah mulai ada. Tapi gue gak ngerti. Bahasanya kurang universal. He he.

Akhirnya Morfem naik pentas. Lagu pertama langsung hajar Black Flag/Wasted. Pas kita sambung ke Vaselines/Son Of A Gun. Novoselic IKJ pun mulai joget-joget di depan kita….sudah gue duga. (FYI: Son Of A Gun di cover sama Nirvana)

Beberapa temannya juga mulai terpancing. Setelah Son Of A Gun selesai. Novoselic teriak-teriak depan gue merequest Molly’s Lips (another Vaselines song yg di cover Nirvana). Lalu menarik Cobain IKJ, Vokalis gue mau nyanyi bang!!! Tapi si Cobain yang di tarik nampak malu-malu sambil menahan badannya. Gue cuma tersenyum. Bukannya gak mau memanjakan. Tapi lagu sendiri lebih enak di bawakan😀

Sikat dengan “Who Stole My Bike”. Penonton pun Bubar!!! hahahahaha….

Tapi kita cuek, naik pentas tandanya hajar bleh!

Turun panggung kita bercengkrama dengan Marcus (bass) Yam (drums) Benny (guitar) dan gue lupa kenalan dengan gitaris satu lagi yang berambut merah, dari Mom’s Day.

Akhirnya Morfem justru di buka oleh band Jerman.

Penonton malu untuk sekedar bergoyang, padahal 50 persen yang dateng mabuk.

Atau karena yang datang hanya tau Nirvana???

Wah kampusku sudah berubah.

Begitulah malam Yang Super Mega Ultra Absurd

 

Morfem Contact: 0858 11 764 764 (Booking & CD’s direct selling)

Morfem use RADIX guitars

MORFEM DATANG SEMUA SENANG

14 responses to “Morfem Gigs: Mom’s Day Asian Tour. IKJ

  1. Sepi ya Jim, pantes pas gue tanya Pandu, “gimana acaranya, Cun?” Dia bilang, “Absurd parah.” Gue tanya lagi, “Absurdnya?” Dan inilah jawaban dari pertanyaan terakhir gue :p

  2. Pingback: Tweets that mention Morfem Gigs: Mom’s Day Asian Tour. IKJ « Jimi Multhazam's Blog -- Topsy.com

  3. makasih potonya om jim…
    salam absurd
    hehee…

  4. gue suka ni cerita lo king jims.tapi lo harus tau bang lo yang ini kurang keren gue lebih suka band lo bequiet.karena itu membuat gue semangaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat

    • Thank you sudah membaca tulisan gue King Deny. Padahal kemarin kita mengcover Bequiet. Gue yakin lo gak sadar itu, atau jangan-jangan gak tau lagu bequiet apa aja. Tetap semangat selalu ya boy.

  5. weits mantafff nih acara om …gout datang malahan dari jam 7.00pas!hahahatapi gak kelihatan. kemaren morfem bawain lagu dari bequiet semua ye?

  6. ah masa si gue g tau king lagu lo bequiet…

    apa karna atmosfer ke industrian lo yg udah membuat diri lo jd males main sama bequiet???gue emang g tau banyak king.tapi gue juga mau tau dong bequiet…boleh g nih king jims.kalo boleh gue sangat berterimaksi banyak…

    salam hutan hehehehehehe

  7. gig report berbentuk kritik ini terasa menohok dan nyolotin…mancing emosi…menguji sikap mental positif🙂

  8. thanks bang jim walaupun ane dan kawan2 dibilang KW 4 tapi seenggak nya foto band ane masuk jg ke blog bang Jim, hahahahaha. Tanpa blog yg “nyentil’ kuping kita yg notabene hanya band KW 4, mgkn gak akan ada koreksi di dlm A.N.S. sekali lg thnx buat kritikan yg membangun

    • jimimulthazam

      Man Kw itu khan cuma Jokes. karena lo bawain lagu Nirvana. Kalo lo bawain lagu sendiri semua malam itu, bisa jadi gue tulis lo Nirvananya Indonesia. Kalo menjadi band cover version memang elo gak bakal bisa lepas dari bayang-bayang idola lo. Gue yakin ANS bakal besar nanti. Semuanya tergantung elo El. Free your mind. keluar dari areal nyaman lo sekarang. Hadapin dunia luar yang paling ngehe🙂

      Salam buat anak-anak ANS.

  9. jd kangen acara muziek IKJ mid.90’s hehehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s